BAHAYA GOSIP DALAM KEHIDUPAN DAN PELAYANAN





SIFAT GOSIP YANG MERUSAK




Setiap organisasi, perusahaan, atau gereja pasti ada penggosip yang berperan sebagai boss mafia gosip (gossip’s godfather). Mereka yang pertama kali menelpon atau mengirimkan e-mail, BBM / WhatsApp desas-desus atau berita sedih (tragedi) terbaru sekitar organisasi.

Tindakan pengecut, meracuni dan tidak bertanggungjawab ini kadangkala menjadi seperti makanan harian. Gosip seperti barang curian. Pelaku gosip adalah pencuri dan pendengar gosip adalah penadah barang curian. Keduanya bersalah. Gosip mudah menyebar dengan kecepatan super seperti kereta Shinkasen, bahkan jet supersonik atau secepat mata berkedip.

Gosip secara alamiah akan merusak kepercayaan, membuat orang yang digosipi sakit hati, menghancurkan hubungan baik dan merupakan budaya buruk yang meracuni suasana kerohanian.

Perilaku gosip akan menciptakan kesan orang Kristen yang jelek (Ugly Christian), menimbulkan perselisihan dan menciptakan perpecahan. Semua ini tidak akan menarik orang datang kepada Kristus.

Firman Tuhan mengatakan: 


Pro 10:11  The mouth of a righteous man is a well of life: but violence covereth the mouth of the wicked. Mulut orang benar adalah sumber kehidupan, tetapi mulut orang fasik menyembunyikan kelaliman.  (Ams 10:11).  

Pernyataan berikut cukup berguna untuk meredam gosip yang merusak:  


“If you did not see with your own eyes or hear it with your own ears, don’t invented with your small mind or speak and share it with your big mouth” - Christine Caine

[Jika Anda tidak melihat dengan mata Anda sendiri atau langsung mendengar dengan kedua telinga Anda, jangan merekayasa dengan pikiran Anda yang kerdil dan menyebarkannya dengan mulut Anda yang besar - Christine Caine]. 

Untuk melayani dengan efektif dan maksimal diperlukan lingkungan kerohanian (spiritual ambiance) yang bersih dan mendukung. Meminum dari sumber air yang bersih. Setiap pemimpin dan anggota tim bertanggungjawab untuk menciptakannya. Pastikan bahwa jika seseorang menghubungi Anda hanya untuk alasan yang baik dan hanya membicarakan hal-hal yang berguna.




Ted23102017

0 comments:

Post a Comment